Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X melalui penggunaan model pembelajaran make a match pada konsep ikatan kimia (penelitian tindakan kelas di Madrasah Aliyah Negeri I Boger

Main Author: FITRIANTI, Lilik
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus pertama membahas kaidah oktet, duplet, ikatan ion dan ikatan kovalen. Siklus dua membahas macam-macam ikatan kovalen dan kepolaran ikatan kovalen. Subjek penelitian ini yaitu 20 orang siswa kelas X-I MAN 1 Bogor Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ikatan kimia. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran make a match. Model pembelajaran make a match terdiri dari tiga prinsip utama yaitu mencari, mencocokan dan mendiskusikan. Instrument dalam penelitian ini berupa catatan lapangan dan postes. Pada siklus satu rata-rata hasil postes yaitu 57.35 dan mengalami peningkatan pada siklus dua sebesar 20.12 menjadi 77.47. secara klasikal pada siklus I hanya 25% siswa yang tuntas sedangkan pada siklus II 80%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada konsep ikatan kimia dengan digunakannya model pembelajaran make a match