Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII-H di SMP Negeri 142 Jakarta

Main Author: Reni Novita
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, apakah model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peta, Atlas dan Globe. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 142, Joglo, Jakarta Barat Tahun Ajaran 2013/2014, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan tes (pretest dan postest). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model Advance Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dari seluruh siswa mendapat nilai posttest pada siklus II diatas KKM ? 75, dari persentasi rata-rata N-Gain pada siklus I sebesar 0,49 mengalami peningkatan menjadi 0,81 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 142 Jakarta. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia