Penggunaan model hollywood square untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Islamiyah Sawangan Depok
Main Author: | Tria Farizalham |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Dalam pengajaran IPS kerap kali terjadi adalah bagaimana cara penyajian materi yang disampaikan kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan kebanyakan guru ? guru sering kali menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi jenuh dan bosan yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah. Masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan terobosan dalam pembelajaran IPS sehingga tidak menyajikan materi yang bersifat abstrak, tetapi juga harus melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dituntut untuk dapat memilih dan menyajikan strategi belajar yang aktif dan efektif. Untuk itu penulis melakukan penelitian ini di MTs Islamiyah Sawangan Depok dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII I IPS dan bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang pelajaran IPS. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran ke dalam empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pangamatan, dan tahap refleksi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, didapatkan bahwa setiap siklusnya atau tahapan di dalam penelitian mengalami peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai N-gain pada 0,35. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan N-gain 0,53. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Hollywood Square. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Hollywood Square, siswa menjadi lebih aktif dan tidak malu-malu lagi serta dapat memudahkan siswa dalam menyerap materi yang diajarkan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari respon siswa dan hasil wawancara siswa yang mana menunjukan bahwa siswa lebih aktif dan hasil belajarnya meningkat