Pengaruh metode mengajar di luar kelas (outdoor study) terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X di SMA PGRI 56 Ciputat
Main Author: | Lia Lusiana |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar di luar kelas (outdoor study) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA PGRI 56 Ciputat. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan kelas X-2 SMA PGRI 56 Ciputat. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode mengajar di luar kelas (outdoor study) dan siswa X-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode diskusi. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar. Tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan ganda, setelah diuji terdapat 21 soal yang valid dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji �t� (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi �t� pada taraf signifikansi 5%. Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan metode mengajar di luar kelas (outdoor study) terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 1,95 > 1,67 dengan taraf signifikasi 5 %. Selain itu di lihat dari hasil perhitungan post test kelas eksperimen yang menggunakan metode mengajar di luar kelas (outdoor study) (nilai rata-rata 80) menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi (nilai rata-rata 74). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mengajar di luar kelas (outdoor study) berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa