Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Materi Ekonomi (Quasi Exsperiment Pada Siswa MTsN Tangerang II Pamulang)
Main Author: | Martcy Chrisna Dwi Putranti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII MTsN Tangerang II Pamulang. Pada materi Kelangkaan Sumber Daya dan Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 3 september � 12 November 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning terhadap hasil belajar IPS ekonomi siswa. Kelas eksperimen melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Two group Randomized Subject Posstes Only. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrument penelitian yang diberikan berupa tes 25 soal tipe pilihan ganda. Tehnikanalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, uji Fisher untuk menguji homogenitas data dan uji-t untuk menguji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 9,707 kemudian dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 71. Diperoleh nilai ttabel 2,00. Karena thitung > ttabel (9,707 > 2,00), maka Ha diterima atau Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar IPS ekonomi siswa yang menggunakan pendekatan Brain Based Learning dengan yang menggunakan pendekatan Konvensional. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS ekonomi siswa