Penerapan model pembelajaran value clarification tehnique (VCT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Main Author: Al Masih
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Metodey ang digunakand alamp enelitiani ni adalahM etodeP enelitianT indakan Kelas (Clasroom Action Reaseach). Metode tersebut adalah metode penelitian tindakany ang dilaksanakano leh guru didalam kelas, yang hakikatnyad ilakukan untuk memecalkanm asalahd alamp rosesp ernbelajaranM. etode ini juga digunakan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-3 Mts. UnwanunannajahT angerangS elatan.S iswa yang diteliti terdiri dari 34 orang. Instrument yang dipakai adalah lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancarad, an Tes Qtre test dan post test). Data yang diperolehd ari instrument penelitiand ianalisism enggunakana nalisisd eskriptif dari setiaps iklus dan dengan menggunakanN -Gain untuk melihat selisih antarap re test denganp ost test pada setiaps ikluss ertau ntuk melihatp erbedaahna silb elajarp adas etiaps iklus. Dari hasil penelitiani ni menunjukanb ahwat erjadinyap eningkatanh asil belajar kelasV III-3 MTs. UnwanunannajaTha ngerangS elatanI.n i terlihat dalamr angkaian siklus I dan II. Padas iklus I rata-ratan ilai pre test 48 meningkatm enjadi6 7 pada nilaip ost testt etapib elum 100%s iswam encapani ilai KKM. Sedangkahna sil belajar siswas iklusI I lebih baik dari siklusI yaitu nilai rata-ratapret ests iswa5 9 menjadi8 1 pada nilai post test. Dan jumlah siswa yang mencapai KKM sudah 100%. Dengan demikian,p enggunaanm odel pembelajaranV alue Clarification Technique( VCT) menjadi unsur terpenting dalam peningkatan hasil belajar IPS kelasVIII-3 MTs. UnwanunannajahT angerangS elatan.K arena dengan penggunaanp embelajaran Value Clarification Technique( VCT) ini, peneliti berusaham elakukanp erubahan sikapd anp erilakus iswad engann ilai-nilai yangd ianggapb aik dan buruk yangt elah diklarifikasi atau dianalisis bersama oleh guru dan siswa. Tentunya nilai-nilai itu menjadi patokan dalam perilaku siswa agar berprilaku yang lebih baik akan mendukungd alamt ercapainay hasilb elaaj r yangd iharapka