Hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS dengan hasil belajar IPS kelas X SMK Attaqwa 05 Kebalen
Main Author: | ISTIQOMAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS dengan hasil belajar IPS Kelas X SMK Attqwa 05 Kebalen. Responden dalam penelitian ini sebanyak 88 siswa dan siswi, sikap siswa pada mata pelajaran IPS merupakan kecenderungan untuk bertindak dengan perilaku terhadap suatu objek, sikap siswa terhadap pelajaran IPS dapat diketahui dengan caranya berinteraksi atau merespon terhadap pelajaran IPS dikelas, Reaksi sikap siswa baik itu positif maupun negative terhadap mata pelajaran IPS. Sedangkan hasil belajar IPS adalah hasil tes soal pada mata pelajaran IPS, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan teknik kuantitatif. Data sikap siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh melalui kuesioner yang terdiri dari 30 item,dari hasil perhitungan yang didapat rxy prodact moment sebesar 0,980% maka Ho diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS dengan hasil belajar IPS Kelas X SMK Attaqwa 05 Kebalen, Koefisien determinasi sebesar 96,04%, menunjukan bahwa sikap siswa pada mata pelajaran IPS sangat besar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS.