Pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap pemahaman konsep matematika siswa (studi penelitian eksperimen di MIN 20 Marunda Kelas 5 Semester 1)

Main Author: Neneng Komalasari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Penelitian ini dilakukan di MIN 20 Marunda tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengunpulkan data pada penelitian ini adalah tes essay luas bangun datar trapesium dan layang-layang yang terdiri dari 7 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik adalah sebesar 67,91, sedangkan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional adalah sebesar 60,00. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel sebesar = 1,99 dengan taraf signifikan (?)= 0,05 dan derajat kebebasan 64. Karena thitung>ttabel, maka rata-rata kemampuan konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pada rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep siswa