Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika kelas 5 SD Negeri Jatiasih X Bekasi

Main Author: Riskitri Wigih Sayekti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Jatiasih X. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik cluster random sampling. Sample pertama (kelas B) berjumlah 38 siswa adalah kelas eksperimen yang diajar mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Sample kedua (kelas A) berjumlah 38 siswa adalah kelas kontrol yang diajar dengan mengunakan pembelajaran konvensional. Analisis data proses kedua kelompok mengunkan uji-t diperoleh hasil t-hitung 8,21 dan t-tabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 1,68, maka t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika kelas 5 SD Negeri Jatiasi X