Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS melalui metode resitasi di MI Nurul Hasanah
Main Author: | Hambali |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS melalui metode resitasi di kelas IV MI Nurul Hasanah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Tanggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penggunaan metode resitasi ini didapat pada pra siklus sebesar 53,79 pada siklus I mendapat 68,97 dan pada siklus II mendapat 86,03 ini berarti bahwa ada peningkatan dari tiap siklusnya, diharapkan guru dapat mengetahui sejauhmana tingkat pencapaian siswa dalam belajar khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan beberapa metode, khususnya metode resitasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka penggunaan metode resitasi perlu ditindaklanjuti. Dengan demikian hasil belajar siswa akan terus mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik. Ini akan menunjang dalam peningkatan prestasi belajar siswa