Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (TeamGames Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada konsep rangka manusia
Main Author: | Ade Muksin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada konsep Rangka manusia. Penelitian ini dilaksanakan di MI Salakopi, Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre test - post test two group design. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 21 orang untuk kelas eskperimen dan 21 orang untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada konsep rangka manusia. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil penghitungan perbedaan rata-rata post test kedua kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 8,83 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (dk) = 40 yaitu sebesar 2,02. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa ? berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H?) ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada konsep rangka manusia