Penerapan metode simulasi penanggujangan bencana banjir untuk meningkatkan hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas VI di MI Al-Wathoniyah 06 Jakarta Timur

Main Author: Nurhidayah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS siswa pada materi Penanggulangan Beneana Alam di kelas VI MI AI-Wathoniyah 06 melalui metode simulasi. Penelitian ini di laksanakan di MI AI-Wathoniyah 06Jatinegara, Cakoog, Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya ootuk mengatasi pennasalahan yang mooeul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu pereneanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung seeara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sarna dan difokuskan dengan pembelajaran penerapan metode simulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menoojukkan bahwa pembelajaran IPS siswa melalui penerapan metode simulasi mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui sikluslpertemuan yang telah dilakukan. Pada siklus I siswa yang mendapat skor tertinggi yaitu 80 dengan nilai rata-rata 63,63. Terdapat 6 orang siswa atau 40% meneapai kriteria ketuntasan minimal. Sementara pada siklus II siswa yang mendapat skor tertinggi yaitu 90 dengan nilai rata-rata 74, 57. Terdapat 13 orang siswa atau 86.7% dan tergolong dalam katagori baik