Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui media gambar pada siswa kelas IV MI Aljihad Cilodong Depok

Main Author: Siti Nurbayah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan satu mata pelajaran yang sangat penting di lingkungan sekolah. Pelajaran Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang harus diujikan dalam Ujian Nasional. Selain itu, Bahasa Indonesia pun merupakan bahasa pengantar yang dipakai dalam menyampaikan pelajaran. Banyak masyarakat terutama siswa tidak termotivasi ataupun tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya kurangnya pemahaman siswa dalam hal menganalisis dan mendeskripsikan benda lalu menuangkannya dalam sebuah tulisan. Oleh karena itu, penulis tertarik mengambil judul tentang Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar pada Siswa kelas IV MI Al-Jihad Cilodong Depok. Tujuan penelitian ini adalah menambah minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Jihad Cilodong Depok khususnya dalam menulis karangan deskripsi. Peneliti menggunakan media gambar sebagai alat bantu untuk membuat pelajaran menjadi lebih menarik dilakukan, menjadi lebih mudah dalam menulis sebuah karangan dan tidak monoton, yang dapat membuat siswa menjadi cepat bosan dan tidak termotivasi dalam belajar. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat diambil simpulan bahwa sebagai seorang pendidik harus selalu memberikan motivasi kepada setiap siswa, agar siswa tersebut mempunyai minat belajar yang tinggi. Dalam memotivasi siswa agar lebih antusias dalam belajar, peneliti kali ini menggunakan media gambar untuk mendorong siswa menjadi lebih kreatif. Hasilnya keterampilan siswa dalam hal menulis karangan deskripsi, pada siklus I presentasi siswa mengalami peningkatan sebesar 5,60% dari prasiklus, sementara pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,38% dari siklus I, dari yang sebelumnya banyak dari siswa yang mengalami peningkatan dalam mengerjakan tugas menulis. Untuk peningkatan kemampuan siswa lebih lanjut dalam kegiatan belajar mengajar khususnya Bahasa Indonesia selanjutnya, guru diharapkan menggunakan media, baik media gambar ataupun media lainnya untuk meningkatan kemampuan belajar siswa