Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep listrik melalui metode kerja kelompok (penelitian tindakan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al Istiqomah)
Main Author: | Muh Husni |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui metode kerja kelompok pada konsep energi listrik di kelas VI MI AL Istiqomah Cakung Jakarta Timur. Strategi dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan Perencanaan,Pelaksanaan,Observasi dan Refleksi. Untuk mengaktifkan siswa dalam penelitiaan ini,peneliti menggunakan metode kerja kelompok dalam kelas. Subyek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI MI AL Istiqomah Cakung Jakarta Timur. Terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasi materi. Pada siklus I nilai rata-rata tes 78,2 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 80,52. Hal ini menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar