Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di MI AlIslamiyah (Penelitian Tindakan Kelas di MI AI-Islamiyah, Jakarta)
Main Author: | Ida Farida |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan basil belajar siswa pada konsep cahaya melalui metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyyah Al-Islamiyah yang beralamat di jalan Pa.'1coran Bamt, kecamatan Pancoran Jakarta Selatan dengan subyeknya adalah siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan hasil belajar pada mata pelajaran IPA yang sangat rendah. Berdasarkan data tahun lalu pada materi cahaya dari 22 siswa kelas V MI Al-Islamiyah hanya 59% yang mencapai KKM (65) atau hanya 13 dari 22 siswa. PTK ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan (observasi) serta refleksi tindakan. Keempat tahapan tersebut dilakukan pada setiap siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-Iangkah yang sarna dan difokuskan pada pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mencatat hal-hal penting yang terjadi, dapat disimpulkan bahwa pada mata pelajaran IPA khususnya materi cahaya pada siklus I terdapat 14 siswa atau 70% telah mengalami peningkatan hasil belajar (mencapai KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% atau 18 dan 20 siswa telah mencapai KKM. Hasil belajar siswa pada postes siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,25, sedangkan pada postes siklus II terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata menjadi 82,5. Dari hasil itu sebagian besar siswa telah mencapai KKM sekolah yang telah ditentukan. Dengan demikian dari hasil analisa peneliti, bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA konsep cahaya, dapat meningkatkan hasil belajar siswa