Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di MI Negeri 1 Kamal Jakarta Barat

Main Author: Jamaluddin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di MI Negeri 1 Kamal Jakarta Barat. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah pada siklus I banyak siswa yang mencapai KKM hanya mencapai 10 orang (28,6 %), pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 32 orang (91,4 %) atau naik sebanyak 22 orang (62,9 %) dari siklus I. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian dan hasil refleksi dengan observer, maka penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PKn khususnya dalam materi pemerintahan tingkat pusat di kelas IV MI Negeri 1 Kamal Jakarta Barat, ternyata dapat meningkatkan hasil dan juga aktifitas belajar siswa. Hasil dan aktifitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan