Upaya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV dengan menggunakan alat peraga di MI Al AManah Joglo Kembangan Jakarta Barat

Main Author: Naman
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar dan data lembar observasi siswa dan guru pada pelajaran PKn melalui Contextual Teaching Learning di MI Al-Amanah Joglo Kembangan Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada siswa yang terdaftar sebagai siswa kelas IV pada tahun pelajaran 2011-2012 semester ganjil dan semester genap dilaksanakan pada bulan Oktober 2011 dan bulan Februari �April 2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching Learning. Jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar siswa dan observasi dan angket/koesioner (pertanyaan siswa tentang pelajaran PKn setelah menggunakan metode Contextual Teaching Learning). Berdasarkan hasil observasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan dan tidak menggunakan alat peraga, uji tes pretest padasiklus I pelajaran PKn diketahui bahwa rata-rata kelas dari hasil test pada siklus I hanya 6.35 %. Hal ini berarti tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran tersebut masih tergolong rendah. Siswa yang kurang ada 8 (23,33 %), sedang ada 17 siswa (58,82 %) dan yang tergolong baik hanya 6 siswa (17,66 %), yang tergolong baik ini siswa yang dianggap sudah mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru.Pada siklus ke II data yang diperoleh menujukkan adanya sedikit peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Dari nilai ratarata kelas pada siklus II berjumlaj 7,49 %. Nilai terendah yaitu 14,70 %, nilai sedang 50,00 %, sedangkan nilai terbaik 35,30 %.Pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat dratis menjadi 7,47 % hal ini berarti nilai yang di bawah standar berkurang hanya ada 4 siswa (5,88%), sedangkan yang mendapat nilai sedang 11 siswa (52,94%) dan 17 siswa (41,18%) nilainya cukup baik.