Pengaruh membaca permulaan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Gulami Cipondoh Kota Tangerang
Main Author: | Sunarja |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di MI JamiatulGulami Cipondoh, Tangerang selama 3 bulan, mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Membaca Permulaan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Metode yang digunakan adalah ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 602 siswa sebagai populasi target, sedangkan populasi terjangkau berjumlah 105 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang diambil dengan cara random. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik baik deskriptif maupun inferensial. Penyajian data hasil analisis deskriptif menggunakan tabel, sedangkan uji hipotesis menggunakan Product moment. Melalui pengumpulan data dan pengolahan data serta analisis data didapat pengaruh dua variabel yaitu Kemampuan Membaca Permulaan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia nilai r hitungsebesar 0,586.Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,586 0,279) artinya hipotesis (H0) ditolak dan (H1) diterima. Adanya pengaruh Kemampuan Membaca Permulaan diketahui setelah nilai 0,586 dikonsultasikan dengan interpretasi koefisien korelasi. Nilai r tabel 0,586 terletak antara 0,40 sampai dengan 0,599 dengan kriteria� cukup �. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan Kemampuan Membaca Permulaan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.