Analisis kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan pada karangan siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Palmerah Jakarta Barat

Main Author: Khalimi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengalaman selama ini seharusnya bila siswa/i SD/MI sudah kelas VI karangan mereka dapat dibaca. Simbol hurufnya jelas dan bentuk tulisannya rapi, seharusnya sudah memperhatikan beberapa hal dalam EYD di antaranya penulisan huruf, penulisan huruf kapital dan huruf miring, penulisan kata, penulisan unsur serapan dan penulisan tanda baca. Bertitik tolak pada latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut : Bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) pada karangan siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ihsan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk kesalahan penggunaan Ejaan Yang Dipsempurnakan (EYD) pada karangan siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ihsan Untuk mendapatkan data, penulis meneliti karangan siswa yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan, kemudian menganalisisnya berdasarkan kriteria-kriteria kesalahaan penggunaan EYD. Penelitian ini memfokuskan diri pada analisis kesalahaan penggunaan EYD pada karangan siswa kela VI. Dari hasil penelitian kesalahan-kesalahan pada karangan terbagi menjadi : a). Kesalahan penggunaan huruf besar. b). Kesalahan penggunaan tanda titik (.), c). Kesalahan penggunaan tanda koma (,), d). Kesalahan penggunaan tanda titik dua (:), e) Kesalahan penggunaan tanda tanya (?), f) Kesalahan penggunaan tanda seru (!), g). Kesalahan penggunaan tanda hubung (-), h). Kesalahan penggunaan tanda garis miring (/), i). Kesalahan penggunaan tanda petik (�� �). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam karangan siswa terdapat kesalahan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan yang paling banyak terdapat pada pemakaian huruf besar