Upaya meningkatkan keterampilan siswa kelas VI menulis cerita melalui pendekatan konstruktivisme di madrasah Ibtidaiyah Nurul Athfal Teluk Naga Tangerang Banten

Main Author: Rusydi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Cerita merupakan karangan dari penuangan imajinasi seseorang. Bahwa dengan cerita seseorang dapat menyampaikan suatu gagasan, pendapat. yang penting adalah bagaimana ia dapat berkomunikasi dengan orang lain, menulis cerita salah satu keterampilan siswa mata pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan pada sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul athfal. Ada permasalahan yang timbul dari kegiatan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk materi menulis cerita, yang selama ini siswa dalam menulis cerita lebih banyak menyalin dari cerita yang sudah ada pada buku pelajaran saja, tanpa diberikan kesempatan siswa untuk membuat karangan sendiri melalui pengetahuan, pengalaman yang siswa alami. Pada akhirnya siswa kurang berani untuk mengungkapkan pengetahuan siswa melalui sebuah cerita.. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan siswa berani untuk mengungkapkan isi hati mereka, pengetahuan melalui penglaman, kejadian baik didalam lingkungan, maupun diluar lingkungan siswa. Untuk mengetahui hasil penelitian ini peneliti menggunakan kualittif, dengan pendekatan Konstruktivisme. Tehnik analisis data dilakukan dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif untuk memastikan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan ketermpilan siswa kelas VI menulis cerita, meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis cerita. Dari hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa adanya hasil peningkatan perubahan kearah yang lebih baik, jika dibandingkan dengan keadaan sebelumnya, dimana perubahan terjadi pada siklus I. 57.4% menjadi 67,5% pada siklus II. Dan oada siklus III menjadi 77,4% ii yang dapat diperoleh dari hasil belajar siswa sebelumnya, pada Madarasah Ibtidaiyah Nurul athfal Teluknaga Tangerang Banten.