Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep virus (kuasi eksperimen di SMAN 9 Bekasi)
Main Author: | Karina Koestiarti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep virus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 9 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 40 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 26 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata posttest kedua kelompok diperoleh hasil thitung sebesar 2,84, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,99, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar biologi siswa