Perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur
Main Author: | Tifa Iftitah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS) inkuiri terbimbing dan inkuiri terstruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan random sampling. Berdasarkan data pretest dan posttest yang dihitung dengan menggunakan N-gain kedua kelas memiliki kategori sedang. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t pada kedua nilai posttest diperoleh ttabel ? thitung yaitu 2,19 ? 2,00 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa hasil belajar pada siswa yang menggunakan LKS Inkuiri Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan LKS Inkuiri Terstruktur, diterima