Pengaruh media komik berbasis analogi terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia (kuasi eksperimen di SMPN 6 Tangerang Selatan)

Main Author: Tika Nurliawati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik berbasis analogi terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Tangerang Selatan dimulai tanggal 6 s.d 22 November 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 33 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media komik berbasis analogi. Sampel yang kedua berjumlah 38 siswa untuk kelas kontrol tanpa menggunakan media komik berbasis analogi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat pilihan (option). Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% (?= 0,05), diperoleh nilai thitung sebesar 4,29 dan ttabel 2,00 (thitung > ttabel). Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil ini dapat disimpulkan bahwamedia komik berbasis analogi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep Sistem Peredaran Darah Manusia