The effectiveness of teaching future perfect tense through Contextual Teaching And Learning (CTL)
Main Author: | Nur Hayati Syafii |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifitasan penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pengajaran Future Perfect Tense. Penelitian ini dilaksanakan pada 32 siswa, 16 siswa dari jurusan Akademik Perkantoran dan 16 siswa dari jurusan Akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Peneliti mengajarkan future perfect tense menggunakan Contextual Teaching and Learning dikelas Akademik Perkantoran dan menggunakan Grammar Translation Method di delas Akuntansi. Penelitian ini 2 x pertemuan selama 1 bulan. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi and tes (pre-tes dan post-tes) Berdasarkan hasils tatistik, telah didapat nilai to (t-observasi) yaitu sebesar 24.86 dan nilai tt (t-table) dari df = 30 pada taraf signifikan 5% and 1% yaitu sebesar 2.04. Dari data tersebut menunjukkan bahwa to lebih tinggi dari pada tt.. Selanjutnya dari hasil ini, hipotesis nihil (Ho) yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan pada pengajaran future perfect dengan menggunakan CTL atau hipotesis ini ditolak. Dengan kata lain, hipotesis alternative (Ha) yaitu ada pengaruh yang signifikan pada pengajaran future perfect dengan menggunakan CTL atau hipotesis ini diterima. Kesimpulannya teknik CTL adalah lebih efektif daripada pengajaran future perfect dari pada teknik GTM.