Improving students� reading comprehension of narrative text through jigsaw technique (a classroom action research on the second grade students of SMP Ash-Sholihin)

Main Author: Ayu Arini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mengajar membaca melalui teknik jigsaw dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif para siswa kelas VIII SMP Ash-Sholihin, Keboh Jeruk. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan model Kurt Lewin: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal, lembar observasi, dan wawancara. Untuk mengumpulkan data, penulis memberikan tes dalam bentuk teks naratif, yaitu menjawab soal essay berdasarkan teks yang telah dipelajari para siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengajaran reading dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari teks naratif. Pada hasil pre test, hanya ada 8 siswa yang lulus nilai KKM dengan rata-rata 43.13. Pada hasil post test di siklus ke-2 terdapat peningkatan, yaitu ada 32 siswa yang lulus nilai KKM, dengan rata-rata 84.07. Hasilnya, respon siswa terhadap pembelajaran positif. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa pengajaran dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas VIII SMP Ash-Sholihin, Kebon Jeruk