An analysis on students' errors in using degrees of comparison: A case study of second year students of SMP Madinatul Qur'an

Main Author: Firda Nuzulia
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan-kesalahan yg dilakukan oleh siswa kelas dua pada SMP Madinatul Qur�an dalam penggunaan degrees of comparison. Khususnya, penelitian in bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang paling banyak dilakukan dalam menggunakan degrees of comparison baik bentuk maupun kegunaannya, dan memperoleh sebab-sebab mengapa para siswa melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dan sebab-sebab dari kesalahankesalahan itu. Data di ambil dari tes dan wawancara, dan sumber data dari penelitian ini adalah 29 murid kelas dua SMP Madinatul Qur�an. Temuan menunjukkan bahwa kesalahan misformation yang paling sering dilakukan siswa dalam penggunaan degrees of comparison adalah misformation dalam membedakan penggunaan comparative atau superlative degree dalam kalimat dengan 124 kesalahan atau 40.4%, dan kesalahan yang paling sering dilakukan dalam bentuk degrees of comparison adalah misformation dalam bentuk tidak beraturan dengan 80 kesalahan atau 43.72%. Penemuan juga menunjukkan bahwa penyebab dari terjadinya kesalahan-kesalahan itu adalah intralingual transfer