An analysis on the students' errors in distinguishing gerund and present participle at the second grade students of SMA Muhammadiyah 02 CIpondoh
Main Author: | Insanul Kamelia |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini untuk mencari beberapa kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa dan untuk mengidentifikasikan alasan-alasanya mengapa siswa membuat kesalahan dalam membedakan Gerund dan Present Participle, metode penelitian ini yaitu analisis deskriptif dalam bentuk penelitian kuantitatif terhadap kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa dalam membedakan gerund dan present participle di kelas 2 SMA Muhammadiyah 02 Cipondoh Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa membuat error dikarenakan sering merasa bingung dalam memilih gerund dan present participle. Setelah menemukan hasil score tes dan menganalisisnya. Dalam bentuk gerund siswa membuat kesalahan-kesalahan hanya 20.44%, dan kebanyakan dari mereka membuat kesalahan pada present particiciple adalah sebanyak 35.25%. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa para siswa masih merasa bingung dan tidak dapat membedakan antara fungsi gerund sebagai benda dan fungsi present participle sebagai adjective, kebanyakan dari mereka masih bingung pada penggunaan present participle. Dan dapat disimpulkan bahwa siswa tidak memiliki kesulitan-kesuitan yang signifikan terhadap pembedaab gerund dan present participle, hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yaitu 72.46