Improving students' mastering Simple Past Tense through cooperative learning of Student Team Achievement Division (STAD) type: A classroom action research at Second Grade of SMPN 3 Tangerang Selatan
Main Author: | Galuh Kartika Prabandari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi yang jelas tentang peningkatan penguasaan siswa terhadap simple past tense dengan menggunakan cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada tingkat kedua di SMP N 3 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 41 siswa di kelas 8.6. Pada penelitian ini, data diperoleh dari lembar observasi kegiataan siswa dan nilai test siswa dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan siswa terhadap simple past tense. Umumnya siswa mendapatkan hasil yang baik pada siklus kedua. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk bidang studi Bahasa Inggris di SMP N 3 Tangerang Selatan adalah 65 (enam puluh lima). Kondisi kelas selama proses belajar mengajar berlangsung cukup baik. Penerapan tipe STAD pun mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa dan guru bahasa Inggris di kelas 8.6. Sebagai kesimpulan, penerapan tipe STAD di dalam kelas dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap simple past tense dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.