Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan media gambar tiga dimensi pada siswa kelas VII SMP AT-Thahirin 2 Ciledug, Tangerang 2013/2014
Main Author: | Idris Afandi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis puisi dengan media gambar tiga dimensi pada siswa kelas VII SMP AT-Thahirin 2. Jenis penelitian adalah PTK (classroom action research), yaitu dengan tahapan siklus, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar tiga dimensi, siswa lebih efektif pada saat proses peningkatan kemampuan menulis puisi. Hal ini terlihat dari nilai tes siswa pada prasiklus sebelum menggunakan media gambar tiga dimensi dengan rata-rata 69, siklus I dan II sesudah menggunakan media gambar tiga dimensi yaitu dengan rata-rata 74 dan 82 maka hasil kemampuan menulis puisi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar tiga dimensi dalam pembelajaran menulis puisi lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Dengan mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Selain itu media gambar tiga dimensi dapat meningkatkan motivasi serta meningkatkan interaksi antara guru dan siswa