Analisis Diksi dalam Teks Berita pada Lembar Kerja Siswa Pelita Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs
Main Author: | Ummy Hani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu pemikiran dan pengamatan bahwa penggunaan diksi di LKS belum cukup berperan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia bagi siswa. Penelitian ini membahas penggunaan diksi dalam teks berita yang terdapat di LKS PELITA. Rumusan masalah penelitian ini adalah �Bagaimana penggunaan diksi dalam teks berita pada Lembar Kerja Siswa (LKS) PELITA sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs?� Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan diksi yang terdapat pada teks berita di dalam bahan ajar bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs. Penggunaan diksi tersebut hanya dibatasi pada ketepataan dan kesesuaian diksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik penggunaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah LKS PELITA sebagai bahan ajar bahasa Indonesia kelas VIII semester 2, sedangkan korpusnya berupa teks-teks berita yang terdapat di LKS tersebut. Terdapat 172 data penggunaan ketepatan dan kesesuaian diksi. Data tersebut terdiri dari 30 data kesalahan penggunaan ketepatan dan kesesuaian diksi, dan selebihnya 142 data yang sudah tepat dan sesuai penggunaannya. Dapat disimpukan bahwa tingkat kesalahan ketepatan dan kesesuaian diksi tidak terlalu banyak atau relatif sedikit. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan untuk memakai LKS PELITA sebagai bahan ajar bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs semester 2, karena LKS tersebut telah disusun berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Selain itu, LKS ini juga dapat membina dan mengembangkan bahasa Indonesia bagi siswa khususnya penggunaan diksi.