PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IX DI SMP DWIGUNA DEPOK
Main Author: | ISROYATI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Menulis merupakan kegiatan yang bersifat berkelanjutan sehingga pembelajarannya pun perlu dilakukan secara berkesinambungan sejak sekolah dasar. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa menulis merupakan kemampuan dasar sebagai bekal belajar menulis di jenjang berikutnya. Oleh karena itu, pembelajaran menulis di sekolah perlu mendapat perhatian yang optimal sehingga dapat memenuhi target kemampuan menulis yang diharapkan. Menulis sebagai suatu kegiatan berbahasa yang bersifat aktif dan produktif merupakan kemampuan yang menuntut adanya kegiatan encoding yaitu kegiatan untuk menghasilkan atau menyampaikan isi bahasa kepada pihak lain melalui tulisan Menulis merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap orang yang terlibat dalam kegiatan sosial, ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lain-lain. Hal ini disebabkan semua aktivitas komunikasi saat ini tidak dapat melepaskan diri dari pemanfaatan sarana tulis. Dengan menulis seseorang dapat menceritakan ide, perasaan, peristiwa, dan benda kepada orang lain, oleh karena itu, ini perlu diajarkan di sekolah dasar dengan tepat. Selain itu menulis juga merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode field trip. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis memberikan tes dan menyebarkan angket kepada siswa. Di samping itu, penulis melakukan wawancara kepada guru bidang studi bahasa Indonesia. Setelah dilakukannya penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menulis siswa dapat meningkat setelah menggunakan metode field trip dan siswa pun lebih termotivasi dalam belajar, terutama belajar menulis paragraf narasi. Dan siswa pun mampu menuangkan ide/gagasan dan mengembangkanya sehingga kemampuan menulis narasi siswa dapat terkembangkan dengan optimal.