Implementasi model homeschooling dalam meningkatkan motivasi belajar anak di komunitas belajar Imam An-Nawawi Depok

Main Author: Susanti Aryani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan dilatarbelakangi oleh adanya tingkat motivasi anak dalam belajar yang masih rendah di sekolah formal. Homeschooling adalah suatu proses pendidikan yang diselenggarakan oleh keluarga sendiri terhadap anggota keluarganya yang masih usia sekolah, dengan memilih model/kurikulum yang sesuai dengan gaya belajar anak. Sehingga motivasi belajar pun memegang peranan penting dalam memberikan gairah dan semangat belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model homeschooling dapat meningkatkan motivasi belajar anak di Komunitas Belajar Imam An-Nawawi Depok Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Data diperoleh dari Komunitas Belajar Imam An-Nawawi Depok. Sedangkan Pengumpulan data diperoleh dengan metode wawancara, observasi. dan dokumentasi. Instrumennya yaitu peneliti sendiri dan pedoman pengumpulan data. Keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, dan ketekunan pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini berproses secara induksi-interpretasi-konseptualisasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Komunitas Belajar Imam An- Nawawi Depok telah mengimplementasikan Model Homeschool Montessori (unit pembelajaran/unit studies) dipadukan dengan penanaman ajaran-ajaran Islami bagi anak. Homeschooling komunitas Imam An-Nawawi Depok juga mengimplemantasikan kurikulum nasional, Dimana kurikulum Nasional berfokus pada enam mata pelajaran utama yang diujikan pada Ujian Negara Paket Kesetaraan. Serta merupakan jenis Homeschooling Komunitas tanpa melupakan minat dan kebutuhan anak seusianya, sehingga anak pun dapat termotivasi belajarnya. Adapun faktor penunjang: Fasilitas belajar mengajar yang lebih baik dan ruang gerak sosialisasi anak semakin luas, Adanya kebutuhan yang sama antara orang tua (pengajar) dan anak untuk membuat struktur yang lebih lengkap dalam meyelenggarakan aktivitas pendidikan, Orang tua (pengajar) akan lebih banyak mendapatkan dukungan karena masing-masing dapat mengambil tanggung jawab dalam skala yang lebih besar, Anak bisa belajar dari sumber manapun yang dapat dipelajarinya. Dari hasil penelitian didapat bahwa setelah mengimplementasikan model homeschooling pada Komunitas Belajar homeschooling An-Nawawi Depok, telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, dimana para siswa telah mampu mengalami peningkatan-peningkatan dalam kegiatan dan pencapaian hasil belajarnya dan anak tidak merasa jenuh. Kebutuhan dan pola belajar anak disesuaikan dengan keinginan orang tua dan anak dalam belajar, sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan nyaman, menyenangkan,dan fleksibel.