Konsep akhlak peserta didik dalam pendidikan Islam menurut KH. Hasyim Asy�ari (Study Kitab ?dabul �?lim Wal Muta�allim)

Main Author: Robiyatul Awwaliyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Manusia harus selalu menjaga perilakunya, baik dalam hubungannya dengan Allah, sesama manusia maupun alam di sekitarnya. Terbentuknya akhlak dan etika mulia inilah seharusnya yang menjadi tujuan pendidikan. Namun, yang terjadi sekarang justru sebaliknya, adanya krisis pendidikan dan kurangnya perhatian terhadap eksistensi akhlak dalam dunia pendidikan. Atas dasar inilah penulis tertarik untuk mengungkap kembali pemikiran KH.Hasyim Asy�ari dalam bidang akhlak pendidikan Islam, khususnya akhlak peserta didik. ingin menampilkan akhlak pendidikan Islam dan akhlak peserta didik menurut KH.Hasyim Asy�ari dalam kitabnya ?dab �?lim WalMuta�allim beserta analisisnya.Dengan tujuan untuk mengetahui konsep-konsep akhlak peserta didik menurut KH. Hasyim Asy�ari agar mencetak peserta didik yang bermanfaat dan untuk mengetahui apakah konsep akhlak ini masih relevan jika diterapkan pada zaman sekarang. Dengan harapan bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap dunia pendidikan khususnya bagi para subyek pendidikan. Desain dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) dan teknik analisisnya bersifat kajian isi (content analysis). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa KH. Hasyim Asy�ari berpandangan bahwa sebagai peserta didik harus berilmu pengetahuan dan juga benar, artinya mempunyai sikap yang sesuai dengan kaidah atau nilai dalam pendidikan akhlak dalam Islam. Adapun konsep yang lebih spesifik tentang akhlak-akhlakyang harus dimiliki oleh seorang peserta didik adalah akhlak peserta didik terhada dirinya, terhadap gurunya, dan konsep akhlak terhadap pelajarannya