Peningkatan prestasi belajar aqidah akhlak dengan model pembelajaran ?paikem? di kelas IV MI al-Husna Kecamatan Neglasari Kota Tangerang
Main Author: | Samsul Bahri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul : ?Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dengan Model Pembelajaran ?PAIKEM? di kelas IV MI Al-Husna Kecamatan Neglasari Kota Tangerang?. Permasalahan yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Neglasari Kota Tangerang khususnya di kelas IV, masih terdapat prestasi belajar rendah terutama pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak. Namun ada beberapa siswa yang sudah mampu mengusai pelajaran dan prestasi belajarnya cukup baik. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Neglasari Kota Tangerang. Peneliti melanjutkan pada metode yang digunakan untuk meneliti yaitu Metode Kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Dari metode yang digunakan, kemudian peneliti mengumpulkan data dengan tehnik observasi, pennyebaran angket, dokumentasi dan wawancara. Setelah data terkumpul peneliti melakukan analisis data. Dari hasil analisis data penelitian dapat dikatakan berhasil terlihat dari hasil yang ditemukan melalui observasi yaitu hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada ulangan harian siklus I: 4,75, siklus II: 5,75, siklus III: 7,92 dan evaluasi akhir 7,17 dengan ketuntasan klasikal siklus I: 16,67%, siklus II: 50%, siklus III: 83,33% dan tes terakhhir 83,33% dan rata-rata nilai LKS pada siklus I: 8,12, siklus II: 5,33, dan siklus III: 9,77. Sedangkan keaktifan siswa bekerjasama, berkomunikasi, bertanya dalam pengamatan peneliti aktifitas siswa pada siklus I pertemuan 1: 41,67%, siklus I pertemuan 2: 43,33%, siklus II pertemuan 1: 40%, siklus II pertemuan 2: 60%, siklus III pertemuan 1: 75% dan siklus III pertemuan 2: 75%. Mengenai aktifitas guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sudah cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan skor dan jumlah skor serta presentasi dari setiap siklusnya mengalami peningkatan