Implementasi model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok
Main Author: | Fitriyani Fauziyah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan peneliti adalah ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching disekolah tersebut, apakah dalam penerapan pembelajaran quantum teaching sekolah ini mengalami kendala, lalu bagaimana sekolah ini menyikapi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Kautsar Depok. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, dengan mengambil latar dikelas IX MTs Al-Kautsar, Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan interview/wawancara. Analisis data dilakuakan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Implementasi model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar sudah hampir 8 tahun dilaksanakan dan dapat berjalan secara efektif, hal ini terbukti dari hasil penelitian melalui hasil observasi perhitungan rata-rata skor pelaksanaan pembelajaran sebesar 76 dengan persentase 63,17%. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori Sedang.