Hubungan antara pendidikan akhlak dengan pembentukan karakter siswa di SMK al-Hidayah Cinere Depok
Main Author: | SURYANTI, Neneng Sri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pembentukan karakter adalah proses penanaman nilai-nilai kepada peserta didik dengan menyentuh aspek kognitif, perasaan, dan tindakan. Dewasa ini, pembentukan karakter penting dilakukan, sebab didasarkan kepada fenomena sosial yang berkembang, yaitu meningkatnya perilaku anak bangsa yang jauh dari nilai karakter baik. Untuk menghasilkan peserta didik yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter mulia, maka diperlukanlah pendidikan akhlak, sebab pendidikan akhlak mempunyai kontribusi positif yang cukup efektif dan mengarah pada pencapaian pembentukan karakter mulia peserta didik. Metode analisis data yang digunakan adalah data statistik, dengan cara mendeskripsikan statistik, melakukan hubungan antarvariabel, menguji hipotesis, dan mengembangkan generalisasi, sehingga hasil dari penelitian ini dapat tergambar dengan benar dan terpercaya. Adapun data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan akhlak dengan pembentukan karakter siswa di SMK al-Hidayah Cinere Depok. Berdasarkan koefisien determinasi yang telah dilakukan hubungan tersebut sebesar 44%. Hal ini dapat dilihat dari adanya perubahan sikap siswa dari tidak baik menjadi baik.