Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur'an siswa pada materi huruf Hijaiyah (kuasi eksperimen di SDN Kertajaya 04 Rumpin Bogor)
Main Author: | ISWARA, Nanda |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur�an siswa pada materi huruf hijaiyah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kertajaya 04 pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 20 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran tipe Jigsaw dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 14 soal dengan empat alternatif pilihan jawaban. Berdasarkan uji statistik dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ????????????? = -0,17 < ???????????? = 2,024, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur�an siswa pada materi huruf hijaiyah.