Hubungan disiplin guru terhadap rilaku keberagaman siswa menurut prestasi belajar pendidikan agama islam

Main Author: AZIZ, Yusuf Abdul
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa salah satu faktor penunjang hasil prestasi pendidikan agama Islam di sekolah terutama khususnya di SMP adalah kedisiplinan guru dimana guru adalah orang yang dijadikan teladan bagi anak didiknya ketika di Sekolah, namun ada pertanyaan sederhana apakah disiplin guru itu sangat berpengaruh terhadap keberagamaan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat disiplin guru dan untuk menjelaskan ada tidaknya hubungan antara disiplin guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam YKS Depok Sesuai dengan sifat masalah dan tujuan masalah dan agar penelitian ini bisa terarah dengan baik, maka dalam hal ini penulis menggunakan kombinasi pendekatan, yaitu pendekatan kuantitaf, dan dilengkapi dengan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Penelitian deskriptif dilakukan dengan menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan disiplin guru dalam hal KBM, juga fakta, keadaan, dengan mengacu kepada kerangka pikir. Dari perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa koefisien determinasinya sebesar 5,76 %. Hal ini menunjukan bahwa variabel X (Kedisiplinan Guru) mempengaruhi atau memberikan kontribusi kepada avariabel Y (Prestasi Belajar Pendidikan agama Islam Siswa) sebesar 5,76 %. Adapun sisanya adalah faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa dan tidak diteliti oleh penulis Berdasarkan hasil perhitungan yang menguji pengaruh disiplin guru terhadap prestasi belajar PAI siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat di ketahui pada taraf signifikan 5% diperoleh �r� tabel sebesar 0,433 sedangkan pada taraf signifikan 1 % diperoleh �r� tabel sebesar 0,549. Ternyata rxy atau ro yang besarnya 0,24 jumlahnya lebih kecil dari pada �r� tabel yang besarnya 0,433 dan 0,549. Maka dengan demikian hipotesa alternatif (Ha) ditolak. Walaupun hipotesa alternatif ditolak namun melalui analisa determinasi kedisiplinan seorang guru masih mempunyai kontribusi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa sebesar 5,76 %.