Kreativitas guru dalam memotivasi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 20 tangerang
Main Author: | ALFIYANI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menciptakan suatu hal-hal baru ataupun menggabungkan unsur-unsur yang sudah ada yang nantinya dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Dari pengetrtian tersebut dapat diambil beberapa kata yang menjadi kata kuncinya yakni menciptakan, hal-hal baru, menggabungkan dan unsur-unsur yang ada. Tentunya setiap orang mempunyai potensi kreatif, namun terkadang orang tersebut tidak menyadarinya, dalam dunia pendidikan kreativitas sangatlah dibutuhkan terutama untuk para pendidik. Karena apabila pendidik atau guru tersebut kreatif, bisa dilihat bahwa nantinya potensi kreatif dalam diri siswa pun akan terlihat dan dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apakah kreativas seorang guru dapat memotivasi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mempengaruhi kreativitas. Metode penulisan penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan. Dari hasil penelitian ini pun didapat bahwa kreativitas guru itu dapat memotivasi siswa dimana ini dapat terlihat dari prosentase jawaban siswa yang menjawab �sering� guru pendidikan agama Islam (PAI) memotivasi siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan palajaran sebanyak (36,1%). Serta sebanyak (51,2%) siswa menjawab �selalu� memperhatikan guru ketika menjelaskan materi pelajaran pendidikan agama Islam (PAI).