Pengaruh metode card sort terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas I di MI Al Wathoniyah 14 Rorotan Cilincing Jakarta Utara

Main Author: Iin Quraisyin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode card sort terhadap keterampilan membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MI Al Wathoniyah 14 Rorotan Cilincing Jakarta Utara. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode card sort, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode konvensial (ceramah). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Berdasarkan analisis data uji-t pada nilai postes kelas eksperimen dan kontrol dengan diketahui probabilitas sebesar 0,000 sedangkan taraf signifikansinya sebesar 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari nilai taraf signifikansi (0,000 > 0,05). Dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan hasil pembelajaran keterampilan membaca. Artinya terdapat pengaruh metode card sort terhadap keterampilan membaca siswa pada kelas I kelas eksperimen