Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan lingkungannya. melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VI MI. AL-Muawanah Depok
Main Author: | Marsudih |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek Penelitiannya adalah Siswa Kelas IV MI. AL- Muawanah Pancoran Mas Kota Depok Tahun Pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan lingkungannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menerapkan desain tindakan berdasarkan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (student Teams-Achievement Divisions). Instumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : Tes Hasil Belajar, Lembar Observasi, dan Wawancara. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tife STAD (student Teams-Achievement Divisions) meningkatkan hasil belajar siswa. KKM pada materi ini adalah 66,7% dengan tingkat keberhasilan penelitian 85%. Adapun siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 79% pada siklus I dan 91% pada siklus II. Dengan demikian STAD dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa