Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep makhluk hidup dan lingkungannya melalui pendekatan kontekstual (penelitian tindakan pada kelas IV B SDN 2 Padasuka-Rangkabelitung)
Main Author: | ROHIMAH, IIM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep makhluk hidup dan lingkungannya melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Metode penelitian yangdigunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Padasuka-Rangkasbitung kelas IV B yang berjumlah 30 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2011-2012. Penelitian kelas dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama pada materi Hubungan Antara Makhluk Hidup dan Hubungan Antara Makhluk Hidup dalam Ekosistem, sedangkan pada siklus kedua pada materi Rantai Makanan dan Pengaruh Perubahan Lingkungan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes objektif pilihan ganda, lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan guru, lembar observasi aktivitas siswa terhadap pembelajaran dan catatan lapangan. Teknis analisis data secara kuantitatif hasil. perhitungan rata-rata skor tes hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan N-Gain, pada siklus I diperoleh hasil rata-rata N-gain 0.45 dan siklus II menunjukan N-gain 0.56 dengan katagori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada konsep mahluk hidup dan lingkungannya. Pencapaian hasil belajar tersebut didukung pula oleh rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63.5 sedangkan pada siklus II sebesa 70.03 dan rata-rata presentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 73.33% sedangkan pada siklus II adalah 91.45%, hal ini menunjukan aktivitas siswa meningkat. Dengan demikian upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep makhluk hidup dan lingkungannya melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa