Pengembangan kompetensi pedangogik guru di MIN 2 Cempaka Putih Ciputat

Main Author: AMINAH
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan mengetahui pengembangan kompetensi pedagogik guru yang telah dilakukan oleh kepala sekolah. Kompetensi pedagogik guru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah: kemampuan memahami landasan pendidikan, kemampuan merencanakan proses pembelajaran, kemampuan melaksanakan proses pembelajaran dan kemampuan mengevaluasi proses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru MIN 2 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif, dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya yaitu teknik dokumentasi, angket dan wawancara. Wawancara diajukan untuk kepala sekolah sedangkan angket yang peneliti buat adalah angket tertutup sebanyak 30 item yang berbentuk pernyataan yang harus dijawab oleh guru yang mengajar di MIN 2 Cempaka Putih Ciputat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi pedagogik guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini ditunjukkan oleh ke empat aspek yang merupakan aspek-aspek penting yang mendukung meningkatnya kompetensi pedagogik guru, yakni dengan skor rata-rata 83,27% (kategori sangat baik). Namun meskipun demikian penulis memberikan saran bagi sekolah agar lebih meningkatkan pelaksanaan kegiatan pengembangan kompetensi pedagogik guru, agar pengetahuan para guru tidak usang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga kinerja gurupun dapat meningkat, dan juga dapat berdampak pada peningkatan mutu pendidikan