Strategi komunikasi perusahaan umum percetakan uang RI (PERUM PERURI) dalam pembinaan keagamaan pegawai

Main Author: Resyana Wilda
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pembinaan keagamaan juga merupakan salah satu strategi yang penting di terapkan pada sebuah perusahaan atau lembaga, dan juga pembinaan keagamaan sering dianggap sebagai faktor menenangkan jiwa seseorang dalam menghadapi permasalahan yang dihadapinya. Salah satu strategi PERUM PERURI dalam menarik antusias para pegawai agar mengikuti setiap program keagamaan dengan cara mengundang tokoh-tokoh agama yang bisa menarik perhatian para pegawai. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penulisan ini adalah untuk menjawab pertanyaan mayor dan minor. Adapun pertanyaan mayor adalah bagaimana strategi penggunaan media komunikasi Perum Peruri dalam pembinaan keagamaan pegawai? Kemudian, minornya adalah apa faktor penentu keberhasilan dari strategi penggunaan media komunikasi Perum Peruri dalam pembinaan keagamaan pegawai? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif analisis, dengan menggunakan pengamatan langsung atau observasi yang dilanjutkan dengan wawancara kepada narasumber dan kemudian menggunakan dokumentasi sebagai dokumen aktual dalam penyusunan penelitian ini. Setelah semua data yang dibutuhkan telah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menyusun data secara sistematis sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian dalam melakukan analisa data. Maka hasil yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian ini adalah Perum PERURI melakukan proses komunikasi yang cukup efektif guna melakukan strategi pembinaan keagamaan bagi pegawainya, perum PERURI menggunakan media PORTAL peruri yang mana media ini adalah media online yang dimiliki perum PERURI. PORTAL PERURI ini adalah bagian dari strategi pembinaan keagamaan yang diterapkan oleh PERUM PERURI guna menyampaikan pesan keagamaan bagi pegawainya. Faktor dari berhasilnya strategi ini didukung oleh adanya kecakapan komunikator, dan saluran komunikasi