Strategi promosi program hibah barang bekas berkualitas di Yayasan Imdad Mustadh�afin (YASMIN) Pondok Cabe
Main Author: | Ahmad Insanul Kamil |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Terjadinya krisis ekonomi di Indonesiaberpengaruh pada banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan sehingga menjadi miskin. Adapun meningkatnya jumlah anak-anak putus sekolah karena biaya pendidikan yang tidak terjangkau oleh masyarakat miskin yang ada di Indonesia. Masalah pendidikan ini harus mendapat perhatian karena itu merupakan bekal dan investasi anak-anak Indonesiadalam meraih masa depannya. Kemudian adanya salah satu lembaga nirlaba yang identik dengan �social enterprise� atau kewirausahaan social adalah Yayasan Imdad Mustadh�afin (YASMIN) yang salah satu program penghimpunan dananya melalui hibah barang bekas berkualitas, yang bertujuan untuk mendanai program sosial, pendidikan dan kesehatan gratis bagi kaum dhuafa. Maka dari itu Yayasan Imdad Mustadh�afin pun membuat strategi promosi program Hibah Barang Bekas untuk Pendidikan Gratis. Adapun tahapan strategi promosi hibah barang bekas berkualitas sebagai berikut: pertama perumusan strategi promosi, kedua implementasi strategi promosi, ketiga evaluasi strategi promosi. Penelitian ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi program hibah barang bekas berkualitas di Yasmin. Adapun metode penelitian dalam penyusunan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu penulis melakukan wawancara kepada dua orang manajer, satu orang wakil manajer dan tiga orang karyawan. Dalam pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, adanya perumusan strategi promosi dalam mengembangkan tujuan untuk mempromosikan program hibah barang bekas berkualitas untuk pendidikan gratis bagi dhuafa. Implementasi Strategi promosi dengan menggunakan bauran promosi yaitu melalui periklanan baik di media cetak berupa brosur, spaduk, buletin mingguan, buletin bulanan dan stiker mobil. Media internet berupa facebook, twitter, website. Maupun media elektronik berupa sms center dan Radio. Pendekatan public relation (hubungan masyarakat) seperti: acara seminar-seminar, acara training guru, pengajian. Pendekatan publisitas, pendekatan promosi penjualan dan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth). Dan evaluasi strategi promosi dengan mengevaluasi sejauh mana tingkat keberhasilan kegiatan promosi hibah barang bekas berkualitas untuk pendidikan gratis bagi dhuafa yang dilakukan oleh Yayasan Yasmin. Dalam rangka menuju keberhasilan dalam kegiatan promosi yang dilakukan Yasmin dan lebih tepatnya rencana promosi yang sudah dibuat oleh Yasmin untuk memberitahukan atau memperkenalkan program hibah barang bekas berkulitas untuk program sosial, pendidikan dan kesehatan gratis bagi dhuafa kepada masyarakat luas