Analisis wacana pemberitaan final piala suzuki AFF 2010 di media Indonesia
Main Author: | AMELIA, Dita |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Euforia masyarakat dalam menyaksikan laga Piala Suzuki AFF 2010 bisa dikatakan sebagai salah satu acara akhir tahun yang menghebohkan. Hampir seluruh lapisan masyarakat menyambut pertandingan ini dengan pengharapan sebuah kemenangan pada tim kesebelasan yang didukung. Disamping itu, berbagai media massa berusaha untuk meliput, mengolah, serta mempublikasikan peristiwa ini menjadi sebuah wacana yang penting. Bahkan di beberapa media massa nasional, peristiwa ini menjadi headline pemberitaan. Bagaimana teks yang dikonstruksi Harian Umum Media Indonesia pada pemberitaan Final Piala Suzuki AFF 2010? Bagaimana kognisi sosial yang dikonstruksi Harian Umum Media Indonesia pada pemberitaan Final Piala Suzuki AFF 2010? Bagaimana konteks sosial yang dikonstruksi Harian Umum Media Indonesia pada pemberitaan Final Piala Suzuki AFF 2010? Pemberitaan tersebut dikonstruksi dengan menggunakan bahasa yang menarik dan persuasif sehingga membentuk wacana yang dapat menggambarkan kondisi pertandingan. Wartawan Media Indonesia menulis berita tersebut seolaholah masyarakat Indonesia mendukung sehingga diharapkan dapat nanti menimbulkan rasa percaya diri para pemain timnas indonesia. Media Indonesia mengcover fenomena tersebut dalam berita yang ditujukan agar mendapatkan dukungan dari masyrakat Indonesia, terlebih saat timnas Indonesia mengalami kekalahan dalam leg pertama dan kedua yang menghasilkan kekalahan pada akhir pertandingan. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriftif. Jenis riset ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Jenis deskripsi peneliti digunakan untuk memberikan gambaran mengenai analisis wacana yang dipaparkan oleh Teun A Van Dijk, meliputi teks, kognisi sosial,serta konteks sosial. Berita yang disajikan merupakan kategori berita olahraga yang cenderung ada beberapa kata yang menjadi ciri khas bahasa berita olahraga. Pilihan kata atau diksi yang digunakan sangat bervariasi, tujuannya agar pembaca tidak merasa jenuh dalam membaca informasi yang disajikan. Sementara itu, informasiinformasi yang disampaikan bisa dijadikan persepsi untuk membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia untuk mendukung timnas Indonesia dalam pertandingan Final Piala Suzuki AFF 2010.