Analisis pengaruh store atmosphere, hedonic shopping value, perspektif waktu dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif (studi kasus konsumen supermarket Hero Bintaro Plaza Jakarta)

Main Author: Mutia Dwi Amira
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Subjects:
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen store atmosphere (X1), hedonic shopping value (X2) perspektif waktu (X3) dan promosi penjualan (X4). Metode analisis yang digunakan analisa regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dari konsumen pada supermarket Hero Bintaro Plaza Jakarta. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel store atmosphere, hedonic shopping value, perspektif waktu dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan variabel store atmosphere, hedonic shopping value, perspektif waktu dan promosi penjualan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap perilaku pembelian impulsif. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 69% dari variabel independen (store atmosphere, hedonic shopping value, perspektif waktu dan promosi penjualan) terhadap variabel dependen (prilaku pembelian impulsif). Sedangkan, sebanyak 31% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk ke dalam analisis regresi ini