Analisis pengaruh faktor-faktor ekuitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha Mio (studi kasus pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Jakarta)

Main Author: AMALIA, Lily Naily
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan adalah pembeli produk motor Yamaha Mio. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner yang berisi 25 butir pertanyaan yang disebarkan kepada 100 responden dengan pertanyaan-pertanyaan yang disesuaikan dengan variabel-variabel yang ingin diteliti yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek dan keputusan pembelian. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik convinience sampling dengan metode analisis menggunakan uji regresi linier berganda dengan terlebih dahulu mengacu pada uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun secara parsial hanya variabel keasadaran merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan asosiasi merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.