Rancang bangun sistem pendukung keputusan penentuan lokasi potensi pelanggan menggunakan model AHP (Analytic Hierarchy Process) pada PT PAM Lyonnaise Jaya
Main Author: | Fandi Achmad Kurniawan |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Semenjak krisis moneter tahun 1998 sistem pengelolaan air bersih di DKI Jakarta bagian barat diberikan dan dikelola oleh pihak swasta yakni PT PAM Lyonnaise Jaya atau dapat disingkat PT PALYJA. PT PALYJA adalah perusahaan yang bergerak di bidang: air, pelayanan limbah, peralatan terkait yang penting bagi kehidupan sehari-hari dan pelestarian lingkungan. PT PALYJA terus mengembangkan jaringan pelayanannya dalam hal penyediaan air bersih kepada masyarakat Jakarta. Namun PT PALYJA mengalami kendala yakni sulitnya menentukan lokasi-lokasi yang berpotensi sebagai pelanggan. Sehingga pengembangan jaringan pelayanan dilakukan secara acak dan hanya mengandalkan informasi dari surveyor tanpa adanya peta acuan dan prioritas. Dari permasalahan tersebut peneliti merancang dan membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Potensi Pelanggan yang memiliki kemampuan untuk memberikan acuan lokasi-lokasi potensi pelanggan dengan menggunakan model perhitungan AHP (Analytic Hierarchy Process), metode pengembangan sistem RUP (Rational Unified Process) dan dengan pemodelan sistem UML (Unified Modeling Language). Sistem Pendukung Keputusan ini dapat menampilkan informasi spasial mengenai lokasi potensi pelanggan. Perangkat lunak sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, Pmapper sebagai konversi data spasial, PosgreSQL sebagai basis data dan Ms4w sebagai local server. Dari hasil perhitungan AHP terdapat empat alternatif pilihan lokasi potensi pelanggan. Untuk alternatif yang pertama terdapat sembilan blok, alternatif kedua terdapat 32 blok, alternatif ketiga terdapat 35 blok dan untuk alternatif yang keempat terdapat 26 blok. Berdasarkan wawancara dengan Manager GIS PT PALYJA dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan ini dapat membantu PT PALYJA dalam hal menentukan lokasi potensi pelanggan