Penerapan strategi pembelajaran open inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa: penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 1 Depok

Main Author: Lucyana
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalis peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik dengan menggunakan strategi pembelajaran open inquiry, 2) untuk menganalisis respon siswa terhadap strategi pembelajaran open inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Depok tahun ajaran 2014/2015 pada bulan Oktober-November 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematik, lembar observasi aktivitas siswa, dan jurnal harian siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan strategi pembelajaran open inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dari 73,68 pada siklus I menjadi 78,00 pada siklus II. Kemudian kenaikan persentase indikator kemampuan berpikir kreatif matematik siswa mencapai lebih dari 75% atau dalam kategori baik. Indikator kemampuan berpikir kreatif matematik antara lain Kelancaran (Fluency), Keluwesan (Flexibility), dan Originalitas (Originality). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa pada umumnya siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran open inquiry. Hal ini dapat dilihat melalui hasil jurnal harian yang menunjukan persentase respon positif siswa meningkat dari 60,23% pada siklus I menjadi 79,55% pada siklus II. Hal ini juga diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa dan guru selama penerapan pembelajaran open inquiry yang tergolong dalam kategori ?baik?.